Buletin Epidemiologi Edisi Oktober

UPT Puskesmas Megang melalui program surveilans membuat buletin epidemiologi sebagai bahan penyebarluasan informasi

Buletin Epidemiologi merupakan sarana penyebarluasan informasi yang berisi tentang data morbiditas (angka kesakitan) dari semua kategori usia (usia balita, usia pendidikan dasar, usia produktif dan usia lanjut). Di dalam buleti  epidemiologi ini juga dipaparkan 10 penyakit tertingi di Bulan Oktober, yaitu ISPA, Hipertensi, Common Cold, Diare, Myalgia, Diabetes, Chepalgia, Osteoporosis, Pharingitis dan Miopia. Berdasarkan kelompok usia, penyakit ISPA menjadi penyakit tertinggi pertama pada kelompok usia balita, usia pendidikan dasar dan usia produktif, sedangkan pada kelompok usia lanjut penyakit tertinggi pertama adalah hipertensi.

Jumlah kunjungan sakit di UPT Puskesmas Megang pada Bulan Oktober yaitu 1496, dengan jumlah kunjungan tertinggi ada pada kelompok usia produktif berjumlah 927 yang terdiri dari. 566 perempuan dan 361 laki-laki.

Selanjutnya, pada buletin epidemiologi ini juga memuat informasi peta sebaran penyakit menular yang memiliki potensi untuk terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) yaitu Tuberkulosis, Demam Berdarah Dengue (DBD), Diare dan ISPA, serta peta sebaran penyakit tidak menular prioritas yaitu Hipertensi dan Diabetes. 

Untuk mengetahui informasi morbiditas secara lengkap, dapat dilihat pada Buletin Epidemiologi edisi oktober yang dapat diunduh melalui link dibawah ini :

https://drive.google.com/file/d/12-QmU9_JZLeZ7uzGgnFXw5X_m88b_9C1/view?usp=drivesdk

Penulis : Haya Fareira, SKM

Artikel
BAGIKAN :
Tulis Komentar
LINK TERKAIT